Seminar spektacular di selenggarakan di Hotel Ijen View ,10 November 2010 pk 18.00-21.00

Sunday, October 17, 2010

Yang Harus Dilakukan Sebelum Memulai Bisnis




Ketika kita sudah menemukan sebuah konsep bisnis yang ingin dijalankan, biasanya kita tidak tahu apa yang harus dipersiapkan sebelum membuka usaha tersebut. Disini akan dijelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan sebelum memulai usaha. Hal ini dilakukan agar kita dapat membuka usaha dengan sistematis dan meminimalisir kesalahan ataupun kerugian akibat kesalahan perencanaan.
Secara umum, ada 5 hal yang harus kita pertimbangkan sebelum membuka usaha, yaitu :
  1. Produk.
  2. Sistem Manajemen.
  3. Analisa Pasar / Konsumen.
  4. Strategi Pemasaran.
  5. Analisa Keuangan.
Produk
Pertimbangan masalah produk ini menyangkut antara lain :
Apa keunggulan produk kita dibandingkan produk dari pesaing.
Apakah produk kita memiliki suatu nilai yang lebih dibanding pesaing.
Bagaimana cara memperoleh bahan baku serta berapa biaya bahan baku tersebut.
Apakah ada teknologi dalam pembuatan produk tersebut.
Apakah dalam membuat produk tersebut harus menggunakan tenaga ahli, atau bisa dilakukan siapa saja.
Jika bisa dilakukan siapa saja, bagaimana cara melatih mereka agar dapat membuat produk yang sesuai.
Apakah kemasan produk tersebut sudah menarik untuk dilihat.
Sistem Manajemen
Yang termasuk dalam sistem manajemen adalah :
Siapa pemilik usaha ini? Jika ada orang selain kita bagaimana tugas dan wewenangnya. Disarankan untuk menggunakan sistem kepemimpinan tunggal, tujuannya agar tidak ada kebijakan yang saling tumpang tindih serta pembagian tugasnya jelas.
Berapa jumlah kebutuhan ruangan untuk usaha ini, dan apakah usaha ini membutuhkan suatu ruangan khusus.
Bagaimanan sistem operasionalnya. Apakah perlu waktu untuk menyiapkan produk atau apakah kita perlu waktu dalam pengantaran produk tersebut.
Jika dilakukan pengiriman, apakah ada sistem pengepakan/pengemasan yang harus dilakukan agar tidak terjadi kerusakan.
Bagaimana jalur operasional untuk usaha ini, dari mulai anda mendapatkan bahan baku sampai produk tersebut dibeli oleh konsumen.
Analisa Pasar
Dalam analisa pasar, yang harus kita ketahui adalah :
Siapa target konsumen dari produk kita.
Apakah produk kita sudah pernah diujicobakan ke konsumen, dan bagaimana pendapat mereka.
Jika sudah tahu siap terget konsumen kita, apakah kita tahu keinginan dan kebutuhan mereka akan produk ini. Apakah mereka menginginkan hal lain agar dapat menikmati produk kita.
Siapa saja kompetitor kita dalam produk ini, dan bagaimana mereka melakukan pelayanan kepada konsumennya.
Strategi Pemasaran
Setelah kita mengetahui kondisi pasar dari produk ini, kita dapat menciptakan strategi pemasaran yang sesuai dengan kondisi pasar dan juga kondisi usaha kita. Berikut yang harus dipersiapkan dalam melaksanakan strategi pemasaran :
Apa nama brand/merek produk kita. Apakah brand/merek tersebut cukup familiar didengar atau sulit diucapkan.
Jelaskan strategi penjualan produk ini agar sampai ke konsumen. Jika dalam melakukan penjualan memerlukan salesman, bagaimana cara agar salesman bisa menjual produk kita.
Apa kegiatan promosi / publikasi yang kita lakukan agar konsumen bisa tahu dan mencoba produk kita. Hal yang paling penting dalam promosi awal adalah konsumen harus tahu dan mencoba dari produk kita.
Bagaimana konsumen membeli produk kita. Apakah harus datang ke toko kita, atau kita yang mendatangi konsumen. Jika konsumen yang datang ke toko kita, apakah letak toko kita dekat dan mudah dengan konsumen. Jika kita yang mendatangi konsumen, dengan cara apa kita mendatangi konsumen. Apakah dengan sistem penitipan ke retail, supermarket atau melakukan penjualan langsung.
Analisa Keuangan
Hal terakhir yang harus dipertimbangkan adalah analisa keuangan. Berikut pertimbangan dalam hal keuangan :
Berapa kebutuhan total investasi usaha kita
Darimana kebutuhan investasi tersebut terpenuhi ( siapa yang mensuplai atau beli darimana )
Darimana pendapatan usaha ini berasal. Jika memiliki banyak produk, berapa harga dari setiap produknya dan berapa target penjualan dari setiap produk.
Berapa harga pokok produk tersebut. Ini termasuk pembelian bahan baku, biaya pengangkutan bahan baku dan upah pembuatan produk.
Berapa biaya operasional setiap bulannya untuk menjalankan usaha ini. Dimasukan juga berapa penyusutan alat – alat yang memiliki masa waktu pakai.
Berapa keuntungan bersih setiap bulannya dan apakah keuntungan ini sesuai dengan biaya investasi yang kita keluarkan.
Diolah dari berbagi sumber
Sumber gambar : http://altahida.files.wordpress.com/2009/02/bisnis-online.jpg
Beritahukan ke teman anda..

No comments:

Post a Comment

Dapatkan Potongan Rp.300.000

BlackBerry Gemini 8520 Review


Harga Baru :2,500,000,-



BlackBerry Gemini 8520 Spesification detail

Informasi Harga Baru Bekas Second
Kisaran Harga BaruRp. 2,500,000
Hubungi 081336128839

dapatkan potongan sebesar
Rp. 300,000
Harga adalah harga rata-rata dari Jakarta Bandung Medan Surabaya Semarang Makasar Denpasar dari berbagai toko dan tabloid ponsel
General Information
Anncounced2009, July
Released2009, August
Dimensi 109x60x13.9 mm
Berat / Volume 106 gram / cc
Warna Black
System
2 G NetworkGSM 850 / 900 / 1800 / 1900
3 G Network
CPU Type 512MHz processor
CPU Speed 512
Sistem Operasi Type BlackBerry OS
GUI Version
Memory
Memory 256 MB
Eksternal Memory microSD Maximum Capacity : 32000
Memory Included 0
Phone Book Practically unlimited entries and fields, Photocall
Call Records Yes
Memory Option
Display
Jenis Layar / Warna TFT, 65 ribu warna
Resolusi Layar 320 X 240 Pixels
Ukuran layar 2.46 inch
Layar Tambahan
Qwerty Keyboard Yes
Touch Screen No
Opsi Layar & Input method - Full QWERTY keyboard
- Touch-sensitive optical trackpad
Camera
Main Camera resolution 2 MP [ 1600 x 1200 pixels ]
Secondary Camera No
Video Recording QVGA
Camera Feature Video Records QVGA
Audio and Multimedia
Ringtones Vibration; Downloadable polyphonic, MP3 ringtones
Speaker phone Yes
Radio Support No
Audio & Multimedia Option - Dedicated music keys - 3.5 mm audio jack
Netword Data and Conectivity
HSCSD
GPRS Yes
EDGE Class 10, 236.8 Kbps
UMTS / HSDPA /HSUPA No
WLAN - Wi-Fi Wi-Fi 802.11b/g
Bluetooth v2.0 with A2DP
Infrared No
USB microUSB
Data Cable Included
Messaging and Office Productivity
Messaging SMS, MMS, Email, IM
WAP Yes
Browser
Java Yes
Email Client Yes
Feature - MP3/eAAC+/WMA/WAV player
- MP4/H.263/H.264/WMV player
- Organizer
- Voice memo/dial
Games Yes + downloadable
GPS Support No
Battery and Power management
Battery Tipe Li-Ion, [ ]
Battery Amperage 1150 mAh
Batery Option Standard battery, Li-Ion 1150 mAh
Standby Time 2G / 3G 17 days 0 hours | 0 days 0 hours
Talk TIme 2G / 3G 0 hours 30 minutes | 0 hours 0 minutes
Music Play time